Berbagi Segala Informasi Dari Bojonegoro

PEMELIHARAAN

Akibat Tidak Ada Dinas Pemeliharaan

           Musim selalu berganti, dan pergantian musim selalu menimbulkan efek di bidang pembangunan daerah.   Misalnya ketika musim panas, semua sektor pembangunan akan bertarung dengan kondisi tanah yang ada, jalan dan gedung bisa berubah menjadi retak akibat kondisi tanah di musim panas, belum juga efek yang dirasakan oleh para petani. Dilain sisi ketika musim penghujan juga menimbulkan banyak efek dibidang pembangunan daerah, seperti halnya jalan berkecembong, tanah penahan jalan yang longsor, bangunan yang roboh karena terimpa pohon yang tumbang. Ketika melihat kondisi seperti itu sangatlah penting kiranya pemerintah melakukan pemeliharaan, sehingga dapat meminimalisir anggaran tanpa adanya mengeluarkan anggaran rehabilitasi atau rehab total.
          Pemerintah memiliki banyak anggaran untuk melaksanakan pembangunan di tiap - tiap daerah, guna menciptakan kenyamanan sarana dan prasarana warganya. Akan tetapi ketika sarana prasana tersebut sedikit saja mengalami kerusakan dan tidak cepat dipelihara maka akan menimbulkan efek yang fatal. Misalnya jalan yang telah dibangun pavingsasi, ketika musim kemarau maka paving akan berhamburan dikarenakan tanah yang kering dan pecah pecab dalam bahasa kampung "nelo", dilain sisi ketika musim penghujan maka jalan paving akan berkecembong dan paving akan lenyap ditelan tanah. Bila hal tersebut diabaikan dan tidak segera dilakukan pemeliharaan maka yang terjadi adalah kerusakan, yang pada akhirnya pemerintah harus melakukan pembangunan ulang dan itupun akan menghabiskan banyak anggaran.
          Andai saja pemerintah memiliki Dinas Pemeliharaan, yang mana tugasnya yakni mengawasi dan melaksanakan segala pemeliharan dibidang pembangunan daerah yang sudah tidak lagi menjadi tanggungan pemeliharaan rekanan, mungkin pemerintah tak perlu melakukan pembangunan ulang dan rehabilitasi total di bidang pembangunan daerah yang pada akhirnya mengeluarkan dana APBD ratusan juta rupiah bahkan milyaran rupiah. Banyak sekali ditemukan pembangunan daerah yang telah habis masa pemeliharaan dari rekanan ternyata butuh pemeliharaan yang optimal dikarenakan kondisi cuaca, itulah mengapa pemerinah harus memiliki petugas yang melaksanakan kegiatan pemeliharaan.

          Sebenarnya warga hanya ingin menikmati hasil pembangunan daerah bukan hanya sekedar rasa senang sesaat ketika melihat terlaksannya pembangunan dikampungnya. Sekian .....
Share:

0 komentar:

Post a Comment